Cara Kalibrasi Total Station (Alat Ukur, Alat Survey)

Cara Kalibrasi Total Station (Alat Ukur, Alat Survey)

Cara Kalibrasi Total Station (Alat Survey, Alat Ukur) pengertian dasar kalibrasi menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 merupakan serangkaian kegiatan yang bisa membentuk sebuah hubungan antara nilai yang ditujukan oleh sebuah instrument alat ukur atau sistem pengukuran atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur lainnya dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang sangat berkaitan dari besaran yang di ukur dalam kondisi tertentu.

kalibrasi adalah

Tujuan Kalibrasi Total Station

Tujuan kalibrasi alat survey ini ialah untuk mencapai standart ketelitian yang sangat teliti dari hasil pengukuran dan untuk menentukan sebuah kebenaran konvensional nilai penunjukan alat survey total station dan bahan ukurnya.

Prosedur ini sangat berlaku untuk segala jenis alat survey total station yang banyak digunakan disetiap lokasi kegiatan pengukuran survey yang digunakan oleh surveyor untuk mengambil sebuah keputusan tentang alat yang surveyor sedang gunakan apakah sudah memenuhi syarat standart pengukuran atau alat survey sudah sesuai dengan standart dan spesifikasinya.

Jika perihal ini tidak dapat di tangani surveyor atau karena faktor kerusakan/kesalahan pada alat terlalu besar maka dapat di infokan dengan tim logistik untuk segera dilakukan kalibrasi secara pabrikan langsung kalibrasi di cv. ams yang benar-benar terpercaya dan tersertifikasi. dan disini kami akan bantu jelaskan cara kalibrasi sentring optik, nivo, bacaan sudut horizontal, bacaan sudut vertikal dan jarak.

Istilah Yang Anda Harus Tau Pada Alat Ukur / Alat Survey

  • Yang pertama sentring optik merupakan sumbu vertikal alat survey total station segaris dengan gaya berat yang melalui tempat berdiri alat (paku atau tirik silang diatas patok).
  • Yang kedua Sentring Nivo merupakan penyetelah pada alat survey agar sumbu 1 (sumbu tegak) benar-benar vertikal, atau sumbu 1 tegak lurus dengan sumbu 2 (sumbu mendatar).
  • Yang ketiga Surveyor/Operator merupakan orang yang mengoprasikan pengkalibrasian pada alat survey atau alat ukur.
  • Yang ke empat Kolimator merupakan sumbu atau garis horizontal dan garis vertikal yang menyilang.
  • Yang ke lima Horisontal merupakan sumbu atau garis yang mendatar dan Vertikal sumbu atau garis yang tegak.

Pengertian Secara General

Pekerjaan ini memiliki potensi bahaya/kerugian yang dapat mengakibatkan data yang tidak benar/ invalid bila surveyor lalai atau kurang seksama dalam menangani perangkat ukur total station.

Adalah keharusan untuk surveyor untuk mengetahui dan mematuhi potensi bahaya/kerugian dan teknik penaggulangannya laksana yang tertuang dalam SOP ini. Jika berhubungan dengan pengkalibrasian komponen-komponen yang ada di dalam instrumen perangkat ukur usahakan dilaksanakan pengkalibrasian ke pabrikan atau ke operator/teknisi service center yang bersertifikat.

Kalibrasi mesti dilaksanakan secara periodik. Selang masa-masa kalibrasi diprovokasi oleh jenis perangkat ukur, frekuensi pemakaian, dan pemeliharaan, yang mana dapat dinyatakan dengan sejumlah cara yaitu: dengan masa-masa kalender (6 bulan sekali) dan dengan waktu pemakaian (1.000 jam pakai). Kombinasi dua teknik tersebut diatas tergantung mana yang lebih dahulu tercapai.

Langkah Cara Kalibrasi Total Station

Persiapan Umum
Surveyor/operator terlebih dahulu mengetahui/membaca manual book mengenai spesifikasi alat laksana akurasi bacaan sudut horisontal dan verikal, akurasi bacaan jarak dengan metoda EDM (Electronic Distance Measurement) dan beda sebagainya yang ada pada alat. Surveyor/operator menyiapkan peralatan-peralatan atau kunci-kunci yang bermanfaat untuk membetulkan komponen-komponen perangkat alat ukur, laksana : obeng, kunci L, prisma target kolimator dll.

Surveyor/operator mengerjakan pengecekan/sentring optik yang menuju paku/titik silang diatas patok, apakah sudah cocok atau tepat diatas titik bila mana perangkat ukur diputar ke segala arah.

Surveyor/operator mengerjakan pengecekan/sentring status nivo kotak dan nivo tabung yang ada pada perangkat apakah sudah cocok dengan ketentuan, yaitu sumbu I mesti benar-benar tegak.

Sureyor/operator mengerjakan pengecekan terhadap bacaan sudut horisontal dan bacaan sudut vertikal dengan metoda selisih bacaan sudut biasa dan luar biasa, apakah sudah cocok dengan standar kecermatan bacaan sudut spesifikasi alat. Surveyor/operator mengerjakan pengecekan terhadap bacaan jarak EDM yang ada pada alat, apakah sudah mengisi standar kecermatan jarak spesifikasi alat.

alur kalibrasi total station

Kalibrasi Sentring Optik
Letakkan instrumen diatas tripod, hubungkan dengan teknik memutar baut instrumen dilubang dratnya pada plat dasar instrumen. Perhatikan apakah tanda silang pada perangkat sentring optik tepat berada diatas titik, bila belum geser-geser instrumen sedemikian sampai tanda silang sentring optik tepat diatas tanda titik. Kemudian putar instrumen 180° bila terjadi pembiasan pada sentring optik kerjakan kalibrasi dengan teknik menyetel screw yang ada pada sentring optik.

Kalibrasi Sentring Nivo
Komponen yang dipakai untuk menata sumbu I supaya vertikal ialah nivo kotak,nivo tabung dan ketiga sekerup penyetel ABC. Letakkan instrument diatas kolimator simaklah gelembung nivo kotak. Misalkan mula-mula status nivo kotak pada posisi 1, lantas bawalah gelembung pada posisi 2 dengan memutar sekerup penyetel A dan B bersama-sama kearah luar atau dalam.

Kemudian bawalah gelembung pada posisi 3 (tengah) dengan memutar sekerup penyetel C. Periksa gelembung nivo tabung dengan teknik memutar instrument pada sumbu I sampai nivo tabung sejajar dengan sekerup penyetel A dan B (posisi 1) seimbangkan gelembung nivo dengan memutar sekerup penyetel A dan B.

Putar instrument 90° bilamana gelembung tidak ditengah,tengahkan dengan teknik memutar sekrup C. Putar instrument 180° bilamana gelembung bergeser, separuh pergeseran ditengahkan dengan sekrup penyetel A dan separuh pergeseran sisanya dengan memutar sekrup koreksi nivo dengan pen koreksi sampai posisi nivo ketengah.

Putar perangkat pada sumbu I sembarang, bilamana gelembung seimabg,berarti sumbu I sudah vertikal. Tetapi bila belum sebanding maka ulangi tahapan penyetelan nivo sampai pada posisi sembarang,gelembung nivo tabung tetap seimbang.

Kalibrasi Bacaan Sudut Horisontal
Setelah perangkat ukur disetel diatas kolimator dan sumbu I telah diciptakan vertikal, bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Horizontal prisma target kolimator, tekan tombol “0” set pada perangkat untuk menciptakan bacaan sudut H : 00° 00’ 00”. Teropong diciptakan luar biasa dan bidikkan berpulang kepada benang silang kolimator seharusnya bacaan sudut H : 180° 00’ 00”, bila terjadi pembiasan bacaan sudut kerjakan kalibrasi dengan teknik memutar skrup penggerak halus horizontal sampai bacaan sudut mendekati akurasinya. Kemudian garis bidik diarahkakan kemabli pada benang silang kolimator dengan teknik memutar skrup koreksi diagfragma yang kiri dan kanan pada teropong.

Kalibrasi Bacaan Sudut Vertikal
Bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Vertkal prisma target kolimator, catat bacaan sudut veritkalnya contoh sudut V : 89° 59’ 30”. Teropong diciptakan luar biasa dan bidikkan berpulang kepada benang Vertiakl kolimator catat bacaan sudutnya contoh sudut V H : 270° 00’ 50”, dari hasil bacaan sudut biasa dan spektakuler bila dijumlahkan terdapat pembiasan sudut sebesar 20”, kerjakan kalibrasi dengan teknik automatic adjustment secara elektronik. Yang pastinya tiap merk bertolak belakang cara penyetingannya.

Kalibrasi Bacaan Jarak
Lakukan pengukuran jarak sejumlah kala dengan EDM (Electronic Distance Measurement). Kemudian rata-ratakan hasil bacaan jaraknya. Apabila terjadi pembiasan pada jarak tertentu dilaksanakan koreksi dengan teknik memasukkan konstanta instrumen konstan maka alat bakal terkoreksi secara otomatis. Setelah perangkat ukur terkalibrasi secara benar dan cocok dengan standar spesifikasi perangkat atau spesifikasi pengukuran maka selanjutnya dapat dilaksanakan pengukuran.

Dan apabila sobat masih kebingunan dengan cara kalibrasi total station di atas sobat bisa menggunakan jasa kalibrasi total station di cv. ams dengan proses cepat tanpa ribet dengan memberikan hasil yang akurat dan bersertifikat di kalibrasi oleh team teknisi yang berpengalaman dan tentunya bersertifikat.

Mau solusi kalibrasi total station segera hubungi marketing kami sekerang dapatkan harga jasa kalibrasi total station terbaik terakurat dan terjangkau.

Tlp. 081210895144 / 0812 8811 1186 (Susep Abdurohim)

Email. [email protected]